Tesis: Peningkatan Sikap,Minat,dan Hasil Belajar Fisika

Friday, February 10, 20120 komentar

ABSTRAK
HADIJAH. Peningkatkan Sikap, Minat, dan Hasil Belajar Fisika Melalui Pendekatan Inkuiri Berwawasan Lingkungan (dibimbing oleh Sidin Ali dan Rahmini Hustim).
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research), yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tindakan dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar, sikap terhadap fisika, minat belajar fisika dan hasil belajar fisika melalui pendekatan inkuiri berwawasan lingkungan yang dilaksanakan dalam dua siklus. 

Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Negeri 2 Makassar kelas VIII1. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis kualitatif dilakukan khusus pada hasil pengamatan aktivitas belajar peserta didik sedang analisis deskriptif diolah dengan menghitung rata-rata kelas, ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil analisis deskriptif dikelompokkan ke dalam kategori sangat rendah, rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi, dengan mengacu pada tabel distribusi frekuensi.Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas peserta didik, kuesioner sikap terhadap fisika, minat belajar fisika dan tes hasil belajar fisika.
Dari hasil penelitian ini diperoleh data bahwa, Aktivitas belajar peserta didik selama pembelajaran berlangsung melalui pendekatan inkuiri berwawasan lingkungan telah sesuai yang diharapkan, sikap terhadap fisika dan minat belajar fisika peserta didik meningkat menjadi kategori sangat tinggi,begitu pula dengan hasil belajar fisika peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan inkuiri berwawasan lingkungan dalam proses pembelajaran fisika dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika, sikap terhadap fisika, minat belajar fisika, dan hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII.1 MTs Negeri 2 Makassar Tahun Pelajaran 2010/2011.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SAHABAT PENA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger