Apa itu Masyarakat?

Saturday, October 6, 20121komentar


Apa itu masyarakat. Kata masyarakat berasal dari bahasa Arab musyarakah, mujtama’. Ibn manzur dalam lisan al’Arab mempunyai arti pokok dari segala sesuatu, yaitu tempat dimana tumbuhnya keturunan dan kumpulan dari orang banyak yang berbeda-beda. Musyarakah mengandung arti berserikat, bersekutu, dan saling bekerjasama. Jadi masyarakat adalah sekumpulan orang-orang yang berbeda-beda tapi menyatu dalam ikatan kerjasama, dan mematuhi peraturan yang telah disepakati bersama. Jika ditinjau dari anatomi dari masyarakat yang berbeda-beda. Seringkali kta jumpai missal masyarakat desa, masyarakat kota, adat istiadat, jenis kulit, dan lain sebagainya.

Dari pernyataan tersebut masyarakat terdiri dari elemen-elemen yang berbeda tapi mereka menyatu dalam sat tatanan sebagai wujud dari kehendak bersama. Berbhineka tunggal ika: berbeda-beda tapi tetap satu jua. Masyarakat Indonesia, apakah mereka sudah menyatu dalam kesatuan? Ternyata cek per cek sudah setengah abad merdeka belum cukup waktu untuk menyatukan sebuah masyarakat Indonesia meskipun sudah diwadahi dengan kalimat Binneka Tunggal Ika. Masyarakat Indonesia sebagai satu kesatuan nampaknya masih merupakan nation in making. Hambatan dari prose situ tidak lain adalah adanya rujukan dan kepentingan yang berbeda-beda.

Jadi kesimpulannya bahwa masyarakt itu harus dibentuk kepribadian yang matang pada diri pribadi masing-masing sehingga tidak ada hambatan untuk bersatu demi nasib bangsa Indonesia. Serta saling memberi manfaat satu sama lain sehingga tidak ada lagi kata perbedaan.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

July 13, 2019 at 8:51 PM

ayo bergabung dengan saya di (D(E(W-A)P)K)
menangkan uang jutaan rupiah dengan menguji keberuntungan kalian
hanya dengan minimal deposit 10.000
untuk info lebih jelas segera di add saja Whatshapp : +8558778142
ditunggu lohhh add nya... terima kasih waktu nya ^-^

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SAHABAT PENA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger