Dalam kamus umum bahasa Indonesia dikemukakan bahwa kata
“hasil” dapat berarti perolehan, akibat atau kesudahan. (Poerwadarminta,
1982:348). Jika dikaitkan dengan hal belajar, maka hasil belajar merupakan
suatu ukuran berhasil atau tidaknya seorang peserta didik dalam proses belajar.
Sudjana (2008:22) menyatakan bahwa hasil belajar
adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Sementara Uno (2007:17) menyatakan bahwa hasil belajar merupakan pengalaman-pengalaman belajar yang diperoleh peserta didik dalam bentuk kemampuan-kemampuan tertentu. Berdasarkan pengetahuan di atas, maka hasil belajar fisika dapat diartikan sebagai ukuran yang menunjukkan seberapa jauh tujuan pembelajaran fisika yang dicapai oleh peserta didik melalui pengalaman belajar yang telah didapatkan. Hasil belajar merupakan taraf kemampuan aktual yang terukur, berupa penguasaan materi pelajaran dan keterampilan-keterampilan.
adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Sementara Uno (2007:17) menyatakan bahwa hasil belajar merupakan pengalaman-pengalaman belajar yang diperoleh peserta didik dalam bentuk kemampuan-kemampuan tertentu. Berdasarkan pengetahuan di atas, maka hasil belajar fisika dapat diartikan sebagai ukuran yang menunjukkan seberapa jauh tujuan pembelajaran fisika yang dicapai oleh peserta didik melalui pengalaman belajar yang telah didapatkan. Hasil belajar merupakan taraf kemampuan aktual yang terukur, berupa penguasaan materi pelajaran dan keterampilan-keterampilan.
Kemampuan aktual yang dimaksud di atas dalam ranah
kognitif menurut Bloom (dalam Sudjana, 2008:23), meliputi:
1.
pengetahuan:
kemampuan yang menyangkut hal-hal yang perlu diingat atau dihapalkan seperti
hukum, dalil, nama penemu, dan lain-lain.
2. pemahaman: kemampuan
yamg mengungkapkan makna dari suatu konsep, misalnya menjelaskan dengan susunan
kalimatnya sendiri sesuatu yang dibaca atau didengarnya,
3. aplikasi:
kemampuan yang diharapkan dari peserta didik untuk sanggup menggunakan konsep,
ide dan sebagainya dalam situasi baru,
4. analisis:
kemampuan untuk menguraikan suatu keterkaitan (integrasi) ke dalam unsur-ubsur
atau bagian-bagian sehingga jelas hirarki atau susunannya,
5. sintesis:
kemampuan untuk menggabungkan unsur-unsur yang bermakna ke dalam bentuk
menyeluruh (integritas)
6. evaluasi:
kemampuan untuk memberikan pertimbangan keputusan tentang nilai berdasarkan
pendapat yang dimilikinya dan kriteria yang digunakan.
Dari
uraian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika adalah
tingkat penguasaan terhadap ,materi fisika pada ranah kognitif sebagai hasil
dari pembelajaran fisika dalam kurung waktu tertentu berdasarkan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran.
Post a Comment