Jadi Pintar Itu Tidak Harus Mahal

Thursday, February 9, 20120 komentar

Blog, Buku Harian Gratis di Internet
Lain dulu lain sekarang itulah kata anak muda jaman serba IPTEK ini. Sekarang, semakin banyak orang yang mengakses blog dan menjadi pemilik blog yang disebut sebagai blogger. Selain caranya begitu mudah, selama terhubung ke internet, anda bias memiliki blog gratis.
Blog itu singkatan dari “weblog” kombinasi dari dua kata “web” dan “log” yang pertama kali muncul dalam kamus internet kira-kira sepuluh tahun yang lalu. “web” dipakai untuk menggambarkan aktivitas yang berhubungan dengan intrnet. Sedangkan kata “log” berkaitan dengan data-data kronologis dari kegiatan yang tercatat. Blog dirancang sedemikian rupa sebagai buku harian online yang fungsinya dapat bervariasi, tak hanya sekedar sebagai tempat mencurahkan isi hati. Aspek yang ditampilkan oleh log diantaranya kronologi, berita, interaktivitas, dan web.

Apa itu kronologi, berita, interaktivitas, dan web????
Kronologi itu informasi dalam blog yang ditampilkan secara kronologis, berdasarkan urutan waktu pemuatannya (posting). Artikel yang baru akan ditampilkan pada bagian paling atas, diikuti artikel-artikel yang diposting sebelumnya.
Berita. Banyak blogger menuliskan informasi atau berita yang berdasarkan pengalaman atau kejadian yang mereka alami. Blog tidak selamanya bersifat pribadi tetapi bias juga berisi tentang pandangan pemiliknya tentang suatu kejadian.
Interaktivitas. Dengan adanya feature penampung komentar bagi pengunjung yang membaca isi blog, blog ini sifatnya interaktif. Blok dengan konten yang menarik umumnya memancing para pengunjung untuk berkomentar. Bias juga dimanfaatkan sebagai ajang diskusi mengenai suatu topic yang menarik.
Web. Artikel dalam blog bias menampilkan “link” dari website lain yang umumnya menjadi referensi blogger saat menulis artikel di blognya. Pengunjung blog bisa masuk ke website referensi dan membandingkan informasi yang dimuat di website dengan yang tampil pada blog. Hal ini mungkin saja memicu diskusi antar blog.
Blog dapat berisikan beragam topic yang menarik sebsb setiap orang memiliki latar belakang dan ketertarikan yang berbeda. Bisa juga mempromosikan diri serta menyampaikan pikirannya pada public bahkan memasukkan topic berita dan perpekstif jurnalistik. Blog-blog macam inilah yang memunculkan istilah “citizen journalism”. Siapa saja bisa menulis berita tentang kejadian yang dilihat atau dialaminya dalam blog miliknya.
Jika konten blog anda menarik, tentu hal ini mengundang banyak pengunjung untuk dating ke blog anda. Jika anda mau, anda bisa mengundang pengunjung setiap blog untuk anda ikut berkontribusi dalam blog anda baik menyumbangkan artikel atau sekedar berbagi pikiran dengan memberikan komentarnya tentang tulisan anda. Untuk keperluan ini, Google telah menyediakan feature pencarian blog. Untuk mengaksesnya bisa singgah ke homepage Google. Pada link “More”, pilihlah opsi “Blogs”. Masukkan topic yang anda minati sebagai keyword pencarian. Google akan menampilkan banyak alamat blog yang berhubungan dengan kata kunci yang anda masukkan tadi. Bisa jadi, topik yang anda pikir tidak mungkin ditulis siapapun dalam blog anda temukan melalui feature ini.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SAHABAT PENA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger