Bila Masuk Angin Pilih Obat Sendiri

Monday, July 2, 20120 komentar

Bila Masuk Angin Pilih Obat Sendiri. Sesuai dengan namanya “Masuk Angin” berarti penyebabnya adalah angin yang membuat kita sakit. Masuk angin adalah salah satu keluhan yang pernah kita alami bahkan sering dirasakan atau dapat dikatakan penyakit yang disebabkan berkumpulnya gas yang tidak merata di dalam tubuh. Ini adalah salah satu penyakit yang nyata. Tapi saat ini belum ada pembuktian dari para medis dalam hal mendukung klaim ini. Kebanyakan orang menganggap bahwa masuk angin hanya sekadar mitos belaka dalam kacamata kedokteran namun nyatanya penderitanya banyak sekali. Penyakit ini seringkali singgah di tubuh orang yang sering begadang, kurang tidur atau kurang istirahat. Pada saat bangun pagi merasa tak enak badan gara-gara angin.
Adapun penyebab utamanya adalah karena udara dingin yang berlebihan. Misal: kelamaan memakai kipas angin / AC pada saat beraktivitas atau sedang tidur, bermain hujan-hujanan, cuaca yang dingin, tidak memakai baju yang tebal pada saat cuaca dingin, kurang buang angin (kentut), makan sembarangan, terlalu letih, atau banyak tertawa, pergantian cuaca (pancaroba) dan lain sebagainya. Anda langsung memvonis diri Anda masuk angin karena merasa badan tidak enak. 

Dinamakan masuk angin karena akibat gabungan (kelelahan fisik, stress karena pikiran, telat makan) timbullah pembentukan gas yang berlebihan di usus dan lambung, sehingga timbul perasaan penuh di usus sehingga mulas dan akhirnya mual disertai muntah. 

Cuaca  yang dingin akan menyergap sampai ke dalam tubuh sehingga akan menimbulkan mekanisme vasoconstriction (penyempitan pembuluh darah). Akibatnya, hasil metabolisme, berupa asam laktat, terakumulasi pada otot-otot. Hal inilah yang membuat badan jadi terasa pegal-pegal. Di sisi lain cuaca yang dingin juga menyebabkan rambut-rambut sel di saluran napas lamban bergerak yang berfungsi mengeluarkan lendir, virus maupun bakteri. Di samping itu seseorang menjadi rentan terkena infeksi seperti pilek, batuk, dan lain-lain.

Influenza hampir sama penyebabnya dengan penyakit masuk angin. Cuma bedanya satu di perut dan satunya lagi di hidung. Hehehehe..:) Jika seandainya tengah malam dengan seorang diri tiba-tiba anda masuk angin apa yang Anda lakukan? Belum tentu obat masuk angin yang biasa dijual di toko/apotik ada tersedia di rumah.

Berikut salah satu yang dapat Anda lakukan sendiri adalah:

Makan makanan yang berkuah. Contohnya membuat “Sup Ayam” yang berfungsi sebagai anti radang yang dapat membantu meredakan gejala angin.
Mengunyah “Bawang Putih” terbukti mempunyai fungsi antibakteri dan antijamur yang mengandung senyawa allicin
Minum “Jus Jeruk” sebagai vitamin C untuk membantu tubuh melawan infeksi dan antioksidan alami.
“Teh Pappermint” ber fungsi sebagai dekongestan, ekspektoran dan antivirus yang mampu meredakan nyeri tenggorokan dan melegakan batuk.
“Jahe” Rempah dari akar ini sangat manjur menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari mual danartristis sampai infeksi saluran nafas atas.

Silahkan Anda mencoba salah satu tips tersebut, mana yang menurut Anda lebih mudah dan praktis.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SAHABAT PENA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger