Mengenal Karakter Anak

Wednesday, June 6, 20120 komentar

“Menjadi orangtua adalah berkah luar biasa dari Tuhan pada kita. Sebuah amanah yang indah sekaligus berat dalam pertanggung jawabannya kelak.  Tapi, ini menjadi sebuah perjalanan yang menyenangkan bagi setiap individu dalam melakukan perannya masing-masing sebagai ayah/ibu.” Tentu bukan hal mudah sama sekali.
Yah tidak dapat dipungkiri lagi, pada kenyataannya setiap individu selalu ingin dipahami dan dimengerti, Anda pun juga pasti menginginkan hal itu. Ini adalah salah satu kebutuhan dasar, begitu halnya dengan anak-anak Anda. Justru mereka ingin lebih dimengerti dan dipahami dibanding orang tuanya, apalagi pada saat anak Anda dalam masa-masa puberitas.

Ada hal yang menarik untuk diungkap bahwa anak itu bukan Cuma dididik begitu saja, perlu juga dibimbing bagaimana cara untuk mengungkapkan perasaannya kepada orang tuanya dalam hal ini komunikasi antara anak dan orang tua harus lebih dioptimalkan. Namun, jarang atau tidak semua anak berani berbagi cerita dengan orang tuanya. Mungkin orang tuanya sibuk atau tempramen takutnya si anak dimarahi duluan. Ini harus diselidiki bagi setiap orang tua karena orang tua harus tahu keadaan anaknya baik di dalam maupun di luar rumah. Inilah konflik awal, kebanyakan orangtua sibuk dengan urusannya masing-masing tanpa mempedulikan perasaan anak-anaknya sehingga  tidak tahu persis apa yang sedang berkecamuk di dalam batin putra-putrinya.

Mereka (orang tua) biasanya salah ambil langkah dalam mendidik anaknya, keras tapi tidak tegas, peduli tapi tidak mau tahu. Jika konflik yang terjadi di dalam diri anak ini muncul maka si anak ini sedikit demi sedikit akan berubah bentuk perilakunya, baik orang tuanya maupun orang lain akan mengatakan bahwa anak ini pendiam,keras hati, nakal, pemalu, penakut dan sebagainya. Setidaknya orang tua janganlah berkata seperti itu, dekatilah anak Anda dengan penuh cinta dan kasih saying. Mulailah dengan perkataan yang manis untuk membujuk anak Anda agar dia terpancing untuk mengungkapkan kekesalannya. Kenalilah asal mula munculnya perilaku dalam diri anak Anda (orang tua) sejak dini karena kalau bukan Anda kenali anak Anda siapa lagi. Inilah profesi mulia dari seorang manusia, membantu menemukan potensi terbaik dari sesamanya manusia. Peran orang tua dan guru sangat dibutuhkan untuk mengenal karakter anak baik di rumah maupun di luar rumah.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SAHABAT PENA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger