Cerita Ashabul Kahfi

Monday, May 21, 20120 komentar


Ashabul Kahfi adalah orang-orang yang pernah tinggal di sebuah gua yang sangat luas di sebuah bukit. Ar-Raqim berarti papan yang bertuliskan nama-nama Ashabul-Kahfi. Demikian menurut pendapat yang popular.

Seorang Raja Romawi, pemuja berhala, Dikyanus, berkuasa atas kota Tarasus. Dikyanus adalah raja yang berkuasa di sekitar Efesus, yaitu daerah yang disinyalir tempat gua Ashabul-Kahfi berada pada tahun 249 hingga 251. Raja Dikyanus dikenal sebagai raja yang kejam. Dalam cerita Ashabul Kahfi diceritakan bahwa Dikyanus akan mengancam akan menghukum mati siapa saja yang tidak sejalan dengannya. Itulah sebabnya tujuh pemuda Ashabul Kahfi dan satu Anjingnya (bernama Qithmir) lari dari negeri itu. Di kemudian hari raja raja Dikyanus lengser dan setelah Ashabul-Kahfi terbangun setelah tidur 309 tahun Hijriyah atau 300 tahun masehi raja yang berkuasa adalah raja Theodosius II yang berkuasa sekitar 421 M.

Ketika beberapa orang pemuda itu mnyaksikan hal tersebut, mereka benar-benar bersedih. Mereka melarikan diri sekaligus mencari perlindungan bersama seorang gembala dan anjingnya di dekat Tarasus. Lalu Allah swt membuat mereka tertidur hingga benar-benar mereka tertidur tanpa mereka sadari kalu mereka sebenarnya mereka telah tertidur selama 300 tahun berdasarkan hitungan matahari (syamsiah) atau 309 tahun berdasarkan hitungan bulan (qamariyah)

Setelah itu, Allah swt membangunkan mereka. Mereka pun mengira bahwa mereka hanya tertidur sehari atau setengah hari saja. Ketika mereka mengutus salah seorang dari mereka untuk membeli makanan untuk mereka. Utusan itu mengira kalau mereka itu telah salah jalan atau tersesat. Orang-orang juga merasa heran dengan uang yang digunakannya untuk membayar. Hingga akhirnya terungkap kejadian yang sesungguhnya. Keadaan dulu yang berlangsung selama masa kekuasaan Dikyanus pun telah berganti. Hingga akhirnya Allah swt mewafatkan Ashabul-Kahfi di dalam gua tempat berlindung mereka. Orang-orang pun berkata, “Kami akan membangun Masjid di tempat mereka itu”.

(ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa, “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).”

Maka, kami tutup telinga mereka beberapa tahun dala kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar.
Maksudnya Allah menidurkan merek selama 309 tahun qamariah dalam gua itu (lihat QS Al-Kahf, 18:25) sehingga mereka tidak dapat dibangunkan oleh suara apapun.

Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan kami tamah pula untuk mereka petunjuk.

Dan kami meneguhkan hati mereka diwaktu mereka berdiri lalu mereka pun berkata, “Tuhan kami adalah Tuhan seluruh langit dan bumi; kami sekali-kali tidak menyeru Tuhan selain Dia, sesungguhnya kami kalu demikian telah mengucapkan perkataan yang amat jauh dari kebenaran.”

Kaum kami ini telah menjadikan selain Dia seagai Tuhan-Tuhan (untuk disembah). Mengapa mereka tidak mengemukakan alasan yang terang (tentang kepercayaan mereka)? Siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah?

Nanti (ada orang yang akan) mengatakan (jumlah mereka) adalah tiga orang yang keempat adalah anjingnya dan (yang lain) mengatakn: “(jumlah mereka) adalah lima orang yang keenam adalah anjingnya”, sebagai terkaan terhadap barang yang ajaib; dan yang lain mengatakan, “jumlah mereka tujuh orang, yang kedelapan adalah anjingnya. “Katakanlah Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka; tidak ada orang yang mengetahui (bilangan) mereka kecuali sedikit.” Karena itu, janganlah kamu (Muhammad) bertengkar tentang hal mereka, kecuali pertengkaran lahir saja dan jangan kamu menanyakan tentang mereka (pemuda-pemuda itu) kepada seorang pun diantara mereka.
Sumber: Syaamil Al-Qur'an....
Silahkan kunjungi website ini http://www.khodijahenterprise.com/
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Khadijah Tabrani - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger