Pendekatan Inkuiri Berwawasan Lingkungan. Metode
pembelajaran adalah prosedur, urutan, langkah- langkah, dan cara yang digunakan
guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Dapat dikatakan bahwa metode
pembelajaran merupakan jabaran dari pendekatan. Satu pendekatan dapat
dijabarkan ke dalam berbagai metode pembelajaran. Dapat pula
dikatakan bahwa metode adalah prosedur pembelajaran yang difokuskan ke
pencapaian tujuan.
Pendekatan adalah
konsep dasar yang mewadahi, menginsipirasi, menguatkan, dan melatari
metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Pendekatan inkuiri berwawasan lingkungan merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi
yang diajarkan dengan situasi dunia nyata di luar kelas. Pendekatan inkuiri berwawasan lingkungan dapat mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan
yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka.
Model pembelajaran
adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan
secara khas oleh guru di kelas. Dalam model pembelajaran terdapat strategi
pencapaian kompetensi peserta didik dengan pendekatan, metode, dan teknik
pembelajaran. Sedangkan teknik adalah cara kongkret yang dipakai saat
proses pembelajaran berlangsung. Guru dapat berganti- ganti teknik meskipun
dalam koridor metode yang sama. Satu metode dapat diaplikasikan melalui
berbagai teknik pembelajaran.
Salah satu metode
pembelajaran dalam bidang Sains, yang sampai sekarang masih tetap dianggap
sebagai metode yang cukup efektif adalah pendekatan inkuiri. David L. Haury dalam artikelnya, Teaching Science Through inquiry (1993:64) mengutip definisi yang diberikan oleh
Alfred Novak: inkuiri merupakan tingkah laku yang terlibat dalam usaha manusia untuk
menjelaskan secara rasional fenomena-fenomena yang memancing rasa ingin tahu.
Dengan kata lain, inkuiri berkaitan dengan aktivitas dan keterampilan aktif yang fokus pada
pencarian pengetahuan atau pemahaman untuk memuaskan rasa ingin tahu (Haury,
1993:70).
Alasan rasional
penggunaan metode inkuiri adalah bahwa peserta didik akan mendapatkan
pemahaman yang lebih baik mengenai Sains dan akan lebih tertarik terhadap Sains
jika mereka dilibatkan secara aktif dalam “melakukan” Sains. Investigasi yang
dilakukan oleh peserta didik merupakan tulang punggung metode inkuiri. Investigasi ini difokuskan untuk memahami konsep-konsep Sains dan
meningkatkan keterampilan proses berpikir ilmiah peserta didik. Diyakini bahwa
pemahaman konsep merupakan hasil dari proses berfikir ilmiah tersebut (Blosser,
1990:92).
Pendekatan Inkuiri Berwawasan Lingkungan. Metode inkuiri yang mensyaratkan keterlibatan aktif peserta didik terbukti dapat
meningkatkan prestasi belajar dan sikap anak terhadap Sains dan Matematika
(Haury, 1993:67). Dalam makalahnya Haury menyatakan bahwa
metode inkuiri membantu perkembangan antara lain scientific literacy dan
pemahaman proses-proses ilmiah, pengetahuan vocabulary dan
pemahaman konsep, berpikir kritis, dan bersikap positif. Dapat disebutkan bahwa pendekatan inkuiri tidak saja meningkatkan pemahaman peserta didik
terhadap konsep-konsep dalam Sains saja, melainkan juga membentuk sikap
keilmiahan dalam diri peserta didik.
Metode inkuiri merupakan metode pembelajaran yang berupaya menanamkan dasar-dasar
berfikir ilmiah pada diri peserta didik, sehingga dalam proses pembelajaran ini
peserta didik lebih banyak belajar sendiri, mengembangkan kreativitas dalam
memecahkan masalah. Peserta didik benar-benar ditempatkan sebagai subjek yang
belajar. Peranan guru dalam pembelajaran dengan metode inkuiri adalah sebagai pembimbing dan fasilitator. Tugas guru adalah memilih
masalah yang perlu disampaikan kepada kelas untuk dipecahkan. Namun
dimungkinkan juga bahwa masalah yang akan dipecahkan dipilih oleh peserta
didik. Tugas guru selanjutnya adalah menyediakan sumber belajar bagi peserta
didik dalam rangka memecahkan masalah. Bimbingan dan pengawasan guru masih
diperlukan, tetapi intervensi terhadap kegiatan peserta didik dalam pemecahan
masalah harus dikurangi (Sagala,2009:71).
Berwawasan dalam pembelajaran fisika
merupakan cara pandang peserta didik dengan menerapkan konsep-konsep fisika
yang sudah dimiliki agar peserta didik memperoleh kesempatan untuk meningkatkan
pengetahuannya sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan kinerja peserta didik
dalam pembelajaran fisika.
Dari uraian tersebut maka dapat
dikatakan bahwa pendekatan inkuiri berwawasan lingkungan merupakan pembelajaran yang menghubungkan
peserta didik dengan lingkungannya sebagai sumber belajar sehingga
proses berpikir ilmiah pada diri peserta didik dapat menyelesaikan masalah.
+ komentar + 1 komentar
Sangat bermanfaat gan, Silahkan juga kunjungi
1. Pengertian Pendekatan Inkuiri Menurut Para Ahli / pakar
2. Pengertian Belajar Menurut Para Ahli / pakar
3. 5 Pengertian Pendekatan Pembelajaran Menurut Para Ahli / Pakar
4. Kumpulan materi pelajaran SD, SMP, SMA, tugas sekolah lengkap dengan jawaban dan materi perkuliahan (www.materibelajar.id)
Post a Comment