Aktivitas Peserta Didik

Saturday, April 14, 20120 komentar

Aktivitas peserta didik adalah segala sesuatu yang dilakukan oleh peserta didik di kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran. Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran merupakan salah satu indikator adanya keinginan atau motivasi peserta didik untuk belajar.
Jenis aktivitas tersebut bervariasi, bahkan bisa saja muncul aktivitas peserta didik yang tidak mendukung kegiatan proses pembelajaran. Untuk itu guru harus selalu mengontrol dan membangkitkan motivasi peserta didik sehingga aktivitas peserta didik dapat terfokus ke dalam aktivitas belajar. Hudojo (1988:6) mengemukakan bahwa kegagalan atau keberhasilan belajar sangat tergantung kepada peserta didik. Oleh Trianto (2009:368-369) meungkapkan bahwa peserta didik dikatakan memiliki keaktifan belajar apabila ditemukan  indikator sebagai berikut.
a)      Mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru
b)      Berdiskusi / tanya jawab antara peserta didik/guru
c)      Membaca / mengerjakan LKS/materi ajar
d)     Mengerjakan tugas-tugas yang kontekstual dan relevan
e)      Bekerja sama dengan peserta didik
f)       Berlatih melakukan keterampilan proses
g)      Menyajikan hasil pengamatan/percobaan
h)      Menyimpulkan hasil pengamatan/percobaan
i)        Mencatat apa yang telah dipelajari, bagaimana kita merasakan ide-ide baru.
Sedang Dierch (dalam Hamalik, 2001:172) membagi aktivitas kegiatan belajar dalam 8 (delapan) kelompok yang intisarinya adalah: (1) kegiatan visual seperti melihat, mengamati, dan membaca; (2) kegiatan lisan seperti mengemukakan pendapat, pertanyaan, dan ide; (3) kegiatan mendengarkan seperti mendengarkan ceramah dan diskusi; (4) kegiatan menulis seperti menulis laporan, mengerjakan LKS atau tes; (5) kegiatan menggambar seperti membuat grafik, diagram, dan peta; (6) kegiatan metrik seperti melakukan eksperimen, demonstrasi, dan membuat model; (7) kegiatan mental seperti mengingat, memahami, menganalisis, dan penyelesaian masalah; dan (8) kegiatan emosional seperti berminat, tenang, dan berani mengungkapkan ide.
Aktivitas peserta didik seperti yang diungkapkan di atas, tidak selamanya dapat berlangsung secara wajar, kadang lancar, terkadang tidak sesuai harapan, kadang cepat menangkap apa yang dipelajari, terkadang amat sulit. Dalam hal semangat untuk belajar kadang semangatnya tinggi tetapi terkadang juga sulit untuk mengadakan konsentrasi. Demikian antara lain kenyataan yang sering dijumpai pada setiap peserta didik dalam kehidupan sehari-hari dalam kaitannya dengan aktivitas belajar.
Dari uraian sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa  aktivitas belajar adalah segala sesuatu yang dilakukan oleh peserta didik di kelas selama proses pembelajaran berlangsung untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk mendapatkan data tentang aktivitas peserta didik dalam pembelajaran diperlukan indikator. Melalui indikator tersebut dapat dilihat aktivitas mana yang muncul dalam proses pembelajaran berdasarkan apa yang dirancang oleh peneliti. Dalam penelitian ini aktivitas yang dimaksud adalah aktivitas dengan indikator: 1) mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru,2) berdiskusi/tanya jawab antara peserta didik/guru, 3) membaca/mengerjakan LKS/materi ajar, 4) mengerjakan tugas-tugas yang kontekstual dan relevan, 5) bekerja sama dengan peserta didik, 6) berlatih melakukan keterampilan proses, 7) menyajikan hasil pengamatan/percobaan, 8) menyimpulkan hasil pengamatan/percobaan dan 9) mencatat apa yang telah dipelajari, bagaimana kita merasakan ide-ide baru.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SAHABAT PENA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger