Abul Hassan Ali Al-Hasani An-Nadwy

Saturday, September 22, 20120 komentar


Abul Hassan Ali Al-Hasani An-Nadwy. Abul Hassan Ali Al-Hasani An-Nadwy putra Adul Hayyi Alhasani di desa RAY BARELLY pada bulan Muharram 1332H. beliau dilahirkan dari keluarga yang kuat menjadi tauhid, tuntunan Nabi dan amat keras dalam memerangi bid’ah demi menegakkan agama Allah dan jihad fisabilillah.
Sejak kecil beliau telah mendalami pengetahuanny dalam Islam. Beliau belajar di Nadwah Al-Ulama, dan juga dari beberapa orang ulama besar yang terkenal di Deoband dan di Lahore.
Buku beliau pertama kali yang bahasa Arab berjudul riwayat hidup Imam Ahamad in Irfan yang shahid ditulis dan diterbitkan oleh Sayid Rasyid Ridha pada tahun 1931, ketika beliau berum ur 16 tahun. Kemudian beliau diangkat sebagai dosen tafsir dan sastra Arab di Ma’had Darul Ulum Nadwatul Ulama selama beberapa tahun-dimana beliau pernah belajar di tempat ini di masa kecilnya. Selama Itu beliau pernah diangkat menjadi pimpinan redaksi Majalah Ilmiah “AN NADWAH”.
Pada tahun 1361H beliau pernah memberikan ceramah di Millia Islamic University dengan judul “Agama dan kemajuan”. Beliau banyak mengarang kitab Bahasa Arab terutama untuk murid Madrasah Islamiyah seperti kitabnya yang bernama “Mukhtaraat Min Adabil Arab”. Kitab tersebut banyak dipakai sebagai buku pegangan untuk universitas –universitas Islam baik di India maupun di Arab. Disamping itu beliau juga mengarang kitab hikayat para Nabi dan Qiraatur Rasyidah. Kedua kitab ini merupakan bacaan yang baik untuk anak-anak yang ingin belajar bahasa Arab. Kedua kitab tersebut ditulis dalam bahasa Arab.
Di kota Lucknow-utara India-beliau mendirikan Islamic Research and publication pada tahun 1378H. kegiatan beliau yang paling menonjol adalah giat dalam pergerakan dakwah Islamiah di India. Untuk itu beliau juga sering keluar negeri untuk memberikan cermah-ceramah agama dan ilmiah di berbagai Negara  Arab, Eropa, dan amerika.
Tahun 1364H beliau menulis kitab yang paling terkenal ditengah duni Islam dengan judul “Maza haziral Alam Bi Intihaatil Muslimin” (kerugian dunia dengan runtuhnya Umat Islam). Kitab tersebut diterbitkan di Mesir tahun 1369H/1950. Kitab ini masih mengalami cetak ulang berkali-kali. Karena banyak digemari oleh kauk muslimin. Setiap kali terbit selalu mendapatkan kata pengantar dari penulis-penulis Islam yang terkenal. Tahun 1380H beliau diangkat menjadi wakil Ma’had Darul Ulum Nadwatul sekarag.
Tahun 1957 beliau diangkat menjadi anggota lembaga Ilmu pengetahuan Arab di Kota Dammascus. Selain itu beliau juga diangkat anggota majelis Ta’sisi Rabitah Al-Alamil Islamy di Mekkah sejak tahun 1380 H (198 M) dan sebagai anggota Majelis A’la di Universitas Islam Madinah. Sejak tahun 1959 eliau diangkat sebagai ketua Lembaga Pendidikan Agama di seluruh wilayah utara India. Hingga kini beliau sempat mengarang sebanyak enampuluh buku lebih yang ditulis dalam bahasa Arab maupun bahasa Urdu.

Sumber: Riwayat Hidup Rasulullah
Terjemah: H.Bey Arifin & Yunus Ali Muhdhar
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SAHABAT PENA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger