Kisah Adnal Ardhi

Saturday, May 26, 20120 komentar

Adnal Ardhi (negeri terdekat) adalah dataran rendah Palestina, dekat laut Mati (Buhairah Lut) yang memiliki tingkat kerendahan hingga 392m di bawah oermukaan laut
Di dalam Kamis Lisanul Arab disebutkan, kata Al-Adna berarti yang lebih dekat, Al Adna As-Safil berarti lawan dari tinggi yakni rendah.
Dengan demikian, Adnal Ardh berarti wilyah yang dekat dan berdataran rendah. Kejadian  ini benar-benar nyata seperti yang diberitakan Al-Quran mengenai kemenangan pasukan Romawi atas pasukan Persia di Palestina pada waktu yang berdekatan dengan kemenangan kaum muslimin dalam perang Badr Kubra (2 H/624 M)

Adnal Ardhi merupakan dataran terendah dari seluruh permukaan bumi, yaitu Laut Mati dengan tingkat kerendahan 392 m dpl. Inilah wilayah bangsa ROmawi yang paling dekat dengan Persia di Jazirah Arab.
Allah erfirman dalam QS Ar-Rum, 30:2-3 telah dikalahkan bangsa Romawi. Maksudnya, Romawi Timur yang berpusat di Konstantinopel.

Di negeri yang terdekat. Maksudnya terdekat ke negeri Arab, yaitu Syria dan Palestina sewaktu menjadi jajahan kerajaan Romawi Timur. Dan mereka sesudah dikalahkan itu akan menang. Maksudnya bangsa Romawi adalah satu bangsa yang beragama Nasrani yang mempunyai Kitab suci sedangkan Bangsa Persia adalah beragama Majusi, menyembah api dan berhala (musyrik). Kedua bangsa itu saling memerangi. Ketika tersiar berita kekalahan bangsa Romawi oleh Bangsa Persia maka kaum Musyrik Mekah menyambutnya dengan gembira karena berpihak kepada orang musyrikin Persia. Sedangkan kaum muslimin berduka cita karenanya. Kemudian turunlah ayat ini dan ayat berikutnya menerangkan bahwa bangsa Romawi sesudah kalah itu akan mendapat kemenangan dalam masa beberapa tahun saja. Hal itu benar-benar terjadi. Beberapa tahun sesudah itu, menanglah Bangsa Romawi dan kalahlah bangsa Persia. Dengan kejadian demikian, nyatalah kebenaran Nabi Muhammad saw sebagai Nabi dan Rasul dan kebenaran Al-Quran sebagai firman Allah.

Dalam beberapa tahun lagi, maksudnya ialah antara tiga sampai Sembilan tahun. Waktu antara kekalahan bangsa Romawi (tahun 614-615) dengan kemenangannya (tahun 622 M) adalah kira-kira tujuh tahun. Bagi Allah-lah urusan sebelum dan sesudah (mereka menang). Dan pada hari (kemenangan bangsa Romawi) itu bergembiralah orang-orang yang beriman.

Permulaan surah Ar-Rum tersebut di atas merupakan salah satu dari mukjizat Al-Quran yang bersifat Gaib. Kemudian, berbagai peristiwa yang dituturkan terjadi sama persis seperti kenyataannya. Yang demikian itu merupakan penjelasan yang memukau yang menjadi bukti kebenaran risalah kenabian sekaligus bukti bahwa Al-Quran itu datang dari sisi Allah. Dia telah memberitahukan hal-hal gaib yang tidak pernah diketahui kecuali oleh Allah semata. Semua hal terjadi seperti yang Dia firmankan.

  Dikutip dari Syaamil Al-Qur'an....
  Silahkan kunjungi website ini http://www.khodijahenterprise.com/
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SAHABAT PENA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger